Pada akhir Fase D, pada elemen Al-Qur’an Hadis peserta didik memahami definisi Al-Qur’an dan Hadis Nabi dan posisinya sebagai sumber ajaran agama Islam. Peserta didik juga memahami pentingnya pelestarian alam dan lingkungan sebagai bagian yang tidak terpisahkan dalam ajaran Islam. Peserta didik juga mampu menjelaskan pemahamannya tentang sikap moderat dalam beragama. Peserta didik juga memahami tingginya semangat keilmuan beberapa intelektual besar Islam.
Dalam elemen
akidah, peserta didik mendalami enam rukun Iman. Dalam elemen akhlak, peserta
didik mendalami peran aktivitas salat sebagai bentuk penjagaan atas diri
sendiri dari keburukan. Peserta didik juga memahami pentingnya verifikasi
(tabayyun) informasi sehingga dia terhindar dari kebohongan dan berita palsu.
Peserta didik juga memahami definisi toleransi dalam tradisi Islam berdasarkan
ayat-ayat Al-Qur’an dan Hadis-Hadis Nabi. Peserta didik juga mulai mengenal
dimensi keindahan dan seni dalam Islam termasuk ekspresi-ekspresinya. Dalam
elemen ibadah, peserta didik memahami internalisasi nilai-nilai dalam sujud dan
ibadah salat, memahami konsep mu‘āmalah, riba, rukhsah, serta mengenal beberapa
mazhab fikih, dan ketentuan mengenai ibadah qurban. Dalam elemen sejarah,
peserta didik mampu menghayati penerapan akhlak mulia dari kisah-kisah penting
dari Bani Umayyah, Abbasiyyah, Turki Usmani, Syafawi dan Mughal sebagai
pengantar untuk memahami alur sejarah masuknya Islam ke Indonesia.
No comments:
Post a Comment